Sudah Syar'i kah Jilbab Kalian?

 Assalamualaikum..
Apa kabar ikhwan dan akwat sekalian?
Semoga tetap dalam lindungan Allah SWT.

Alhamdulillah seminggu yang lalu aku dan seluruh umat islam di seluruh penjuru dunia merayakan hari kemenangan. Satu minggu telah berlalu. Semoga semangat kemenangan masih tersimpan rapih dalam jiwa masing-masing ikhwan dan akhwat sekalian. Aamiin.

Sedih rasanya ketika menyadari bahwa Ramadhan telah berlalu. Sedih, karena ramadhan lalu tidak di jalankan dengan baik. Semoga kita semua selalu diberi umur yang panjang oleh Allah SWT agar bisa bertemu dengan ramadhan di tahun mendatang. Aamiin Allahumma Aamiin.

Sahabat muslim yang dicintai oleh Allah SWT. Tentu kalian sudah tahu kan kalau hukum berjilbab dalam islam itu WAJIB. Iya, WAJIB. Meskipun tidak terdapat dalam rukun islam, namun berjilbab itu setara dengan menunaikan sholat, puasa ramadhan, zakat, dan kewajiban-kewajiban lainnya dalam islam.

Pada postingan ini, aku akan menyinggung sedikit tentang pakaian-pakaian wanita berjilbab. Jilbab loh, ya. Bukan Hijab. Karena dalam bahasa arab, hijab berarti penghalang. Sedangkan jilbab itu yaa pakaian yang menutupi seluruh badan, bukan hanya sebagiannya. Itulah jilbab yang sebenarnya.

Dikarenakan aku bukan seorang yang ahli agama, aku tidak akan membahas tentang kewajiban seorang muslim memakai jilbab atau tentang jilbab syar'i yang dibenarkan oleh agama islam. Aku hanya ingin berbagi informasi mengenai pakaian-pakaian yang digunakan wanita berjilbab saat ini.

Coba perhatikan gambar berikut.


 Dari 4 wanita di atas, manakah wanita yang menggunakan jilbab syar'i? Tidak lain tidak bukan adalah wanita A.

Subhanallah, sungguh sangat menentramkan hati ketika menjumpai wanita seperti itu. Sungguh sangat beruntung pula pria yang akan menjadi imamnya kelak. Memang jilbab bukan ukuran seseorang  sholehah atau tidak. Karena wanita yang berjilbab belum tentu sholehah. Tapi wanita sholehah sudah pasti berjilbab. Namun aku yakin, wanita dengan tipe A ini adalah wanita yang sholehah. Wanita yang menjadi perhiasan dunia.

Hayoo siapa yang ingin menjadi perhiasan dunia, segeralah mengikuti jejak wanita tersebut. Hmm, yang menulis ini apa tidak ingin juga menjadi perhiasan dunia? Oh, sangat ingin. Aku menunggu waktu yang tepat hehe. Mungkin ketika aku mengetahui bahwa calon imamku adalah seorang ustadz hahahaha. Semoga Allah cepat membukakan pintu hati penulis.

Wanita B dalam gambar di atas menurutku masih dalam kategori jilbab syar'i. Jilbab masih menutupi dada meskipun agak menciut dari wanita A. Pakaian pun masih longgar dan tidak menunjukkan lekuk tubuh. Mungkin wanita ini masih dalam proses untuk menuju seperti wanita A. Sedihnya, bahkan yang menulis ini pun belum seperti wanita jenis B. *hiks*

Wanita jenis C ini kok yaa menyerupai laki-laki hehe.. Duh, jadi malu nulisnya. Karena si penulis juga masih menggunakan pakaian laki-laki (baca : celana) bahkan lebih ketat dari itu..... Baju pun sudah mulai menciut.....  Jilbab pun semakin menciut dan tidak menutupi dada..... Duh, udah ah, skip aja kali yaa daripada kesinggung sendiri huahaha

Hmm.. Sepertinya wanita jenis D ini modis sekali yaa. Tapi itu penutup kepalanya masih pantas disebut jilbab gak yaaa? Duh, penulis juga sering berpakaian seperti itu... jadi malu... Hahaha..

Yaudah deh yaa, sekian dulu ngebahas tentang jilbabnya. Penulis mau memperbaiki diri dulu hehe. Eh sebelum ditutup, mau nanya nih, sudah syar'i kah jilbab kalian? Oh iya, menurut kalian wanita jenis apa sih yang pantas disebut perhiasan dunia? Apakah sependapat denganku? Share di kotak komentar yaa :)))


Wassalam,
@endanada

46 komentar:

  1. Duuhh bentar ya, mau masuk pesantren dulu, biar jadi ustad abis itu aku dtang ke rumahmu sekalian melam.........ahsudahlah. :|

    Perhiasan dunia itu wanita sholehah, wanita yg menutup auratnya di depan orang banyak selain suaminya sendiri. :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kutunggu ustadmu kak hahaha itu kenapa gak di lanjutin? kenapaaa? kenapaaaaaaah?

      hmm kalo aku termasuk perhiasan dunia gak? :3

      Hapus
    2. Soalnya kalo dilanjutin itu...... Ah sudahlah (,--)

      Hmm.. Kamu mau gak jadi perhiasan duniaku?? #Tsahhh Hahaha.. xD

      Tapi kamu beruntung nda, masuk kategori D, aku masuk kategori F,, tiap ke kampus gak make jilbab. :( #Loh!

      Hapus
    3. kenapa? takut ketauan istri tuanya, ya? hahaha

      gak mau ah, kamunya buaya darat #eh *kabur*

      Zzzz-___- jadi kapan kamu mau pake jilbab? #eh

      Hapus
  2. blog na bikin ngiri sob..
    keren abis..hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasih :))
      masih banyak yang lebih dari ini kak..

      Hapus
  3. Manteb, jadi sering mikir. kategori A,B,C itu pernah kupake, tapi yg D.. nggak alhamdulillah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih, mantaaap udah pake yang A :))
      Duh, kok kamu gak make yang D sih?
      aku jadi gada temennya doong-____-

      Hapus
  4. aku yg C, tp udah ada niatan ntar kalo udah nikah mau yg kaya A :3 menurut aku yg D itu hanya sekedar mengikuti trend masa kini, tp emang ya kalo yg A itu keliatan anggun banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama. kalo udah nikah juga aku mau pake yang kaya A. Apalagi kalo nikahnya sama ustad hahaha
      iya iya bener, yang D itu cuma ngikutin trand masa kini.. *hiks*

      Hapus
  5. Iya, bener nih. Zaman sekarang jarang banget ngeliat wanita seperti gambar di A.
    Tapi, alhamdulillah ibu ku pake yang A. Tapi, terkadang juga pake B, dan C. Kecuali, D karena kebanyakan yang pake kayak gitu wanita muda zaman sekarang wehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jarang banget :((
      wih, ibumu keren, ya :3
      iya ya, agak gimana gitu kalo ibu2 pake yg jenis D ehehe

      Hapus
    2. kata siapa jarang? di kampusku malah banyak kok, malah ada yg bercadar :)

      Hapus
    3. ke kampus? bercadar? subhanallah banget :))
      di kampusku jarang banget, paling cuma remaja masjid doang hehe

      Hapus
    4. iya banyak loh, mahasiswa luar negri jg ada yg bercadar

      Hapus
  6. hehehe... kategori A, B, C pernah merasakan. Tapi yg D gak pernah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kamu hebat deh :))
      semoga tetap istiqomah yaa :))
      do'akan agar aku juga bisa seperti wanita A hehe

      Hapus
  7. aaak wanita A, aku ingin menjadi imam mu aaak..
    beneran lho, kalo ngeliat wanita seperti itu aku jadi ngerasa sejuk :)
    semoga kamu bisa menuju wanita A ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaak :))
      iya ya, sejuk, teduh, ah pokoknya tentram deh :))
      Aamiin ya Allah hehe makasih yaa do'anya :))

      Hapus
  8. gue smpet bertanya2 beda jilbab sama hijab apaan. Kirain hijab sama kayak jilbab cuma bhasa yg lebih keren. Soalnya dulu gak pernah dnger kata hijab. Baru2 ini aja. Akhirnya tau ditulisan ini. Thanks ya :D semoga lu bisa jd seperti wanita A

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe samasama kak :))
      Aamiin, makasih do'anya :))

      Hapus
  9. Alhamdulillah istriku B. Hehehehe..

    BalasHapus
  10. Tapi kenapa si penulis menulis seperti ini tapi masih pake yg D yah?? Hehe semoga bisa menuju ke A dan menemukan Imam yg baik. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. si penulis belum mendapatkan hidayah dari Allah :((
      juga belum mendapatkan calon imam yang baik dan sholeh #eh hahaha

      Aamiin, makasih yaa do'anya :))

      Hapus
  11. Gak papa, kita sama-sama belajar dan berbenah diri yuk.. Aku suka deh kamu bukannya memuji diri sendiri karena aku pikir kamu mau 'ceramah'. haha.. daripada nunjuk2 kesalahan orang lain mending kita perbaiki aja diri kita sendiri dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, sama2 belajar :))
      haha gak mungkin lah aku ceramah dengan kondisi diri sendiri yang masih jauh dari kata 'baik' :))

      Hapus
  12. Alhamdulillah pakai yang A. Dan semoga bisa terus istiqomah memakainya hingga akhir masa meski banyak godaan datang untuk mengganti dengan setelan atas bawah untuk urusan kerja, beasiswa, dan sebagainya.

    Mohon doa ya, Enda. Semoga saya bisa terus bertahan dengan A. Bukan sekedar jilbabnya, tapi juga hati dan perilakunya seperti A. Dan saya ngedoain kamu juga:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga tetap istiqomah yah kak :))
      hehe makasih untuk do'anya :))

      Hapus
  13. saya juga masih belajar, jadi keseringan pakek yang tipe b, c sama D
    semoga suatu hari nanti kita bisa sama-sama jadi wanita sholehah yang bukan hanya jilbabnya yang syari tapi juga akhlak dan ibadahnya
    amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yee ada temennya hehe :DD
      Aamiin Allahumma Aamiin :))

      Hapus
  14. Lah aku masih C dan D. Maklum masih 'belajar' :-) dan butuh proses. jilbab/hijab tu istimewa dan suci, tp justru Blm tntu wanita yg gak/blm brjilbab prilakunya lebih buruk dr wanita brjilbab :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama aku juga masih belajar hehe
      betul banget, semua itu butuh proses untuk menjadi lebih baik
      dan sangat setuju, kalau wanita yg blm berjilbab belum tentu prilakunya lebih buruk dari wanita yg berjilbab. namun sangat disayangkan ketika akhlaknya sudah bagus tapi belum berjilbab hehe

      Hapus
  15. Balasan
    1. iya sama konsepnya doang kak :))
      aku terinspirasi dari gambarnya hehe
      tapi itu gambar juga bukan dia yg bikin. setelah aku search di google ternyata sudah banyak yg memakai gambar itu. jadi bingung mau credit ke mana hehe

      Hapus
  16. semoga kita cepat mendapat hidayah menuju ke A kag :)

    BalasHapus
  17. Terima kasih yang telah menambag wawasan kami...
    kalau untuk kaos kaki muslimah itu sepeti apa ya..

    BalasHapus
  18. Wah bermanfaat bgt ya pakai hijab syarí. Sebenarnya saya dulu risih juga kalo pake hijab, tapi ketika pakai hijab dari PRODUSEN MUKENA KATUN JEPANG saya malah lebih suka karena mukenanya nyaman, lembut dan adem. Makasih ya mbak udah berbagi cerita...

    BalasHapus
  19. Wah bermanfaat bgt ya pakai hijab syarí. hhehe Mukena

    BalasHapus
  20. Permisi Numpang Promo
    Refiza Souvenir menyediakan paket undangan pernikahan cantik nan elegan, paket yasin untuk souvenir acara pengajian tahlilan dan berbagai macam souvenir tasbih cantik dan elegan untuk oleh-oleh haji dan umroh. cek katalog kami di www.refiza.com

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah..
    Walau saya masih di bilang anak kecil haha maklum masih kelas X tapia alhamdulillah udah pakai yang A dan B..Saya juga minta do'anya supaya bisa menjadi wanita yang A..

    BalasHapus
  22. Eh sekarang juga ada yang baru loh.. celana dan kaos kaki bergabung, jadi

    deh legging wudhu pelangi... tanpa ribet lepas pasang kaos kaki saat

    wudhu. nih klik aja link nya
    Legging Wudhu Pelangi
    Legging Yang Syar'i

    BalasHapus
  23. Eh sekarang juga ada yang baru loh.. celana dan kaos kaki bergabung, jadi

    deh legging wudhu pelangi... tanpa ribet lepas pasang kaos kaki saat

    wudhu. nih klik aja link nya
    Legging Wudhu Pelangi
    Legging Yang Syar'i

    BalasHapus